5 #Teknologi #Antariksa yang Dapat Digeluti #Santri Sebagai #Ektrakurikuler di #Pesantren



PESANTREN LAE TORAS -- Teknologi antariksa tidak saja mengenai pembangunan roket yang membutuhkan dana besar.

Berbagai pesantren mulai menggeluti teknologi antariksa sebagai kegiatan ekstrakulikuler untuk memancing minta belajr santri.

Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan pembiayaan yang minimal dan tak membebankan orang tua santri.

Berikut 5 teknologi antariksa yang dapat digeluti santri sebagai hobi.

1. Astronomi atau Ilmu Falak

Beberapa pesantren saat ini mempunyai kelas kursus atau penelitian di bidang astronomi. Ilmu ini biasanya digunakan untuk menentukan tanggal tertentu seperti awal ramadhan.

2. Robotika

Robotika memang bukan imbu yang spesifik untuk antariksa. Ada banyak manfaat lainnya. Tapi pemahaman pada ilmu robotika juga dapat berguna untuk aplikasi antariksa.

Kini sudah bukan aneh ilmu robotika menjadi bagian dari pelajaran ekstrakurikuler di pesantren. Robotika biasanya digabung dengan kegiatan ekstrakulikuler pembuatan drone dll.

3. Mikrosatelit

Studi mengenai pembangunan satelit mini yang mempunyai truster (pendorong) dapat dilakukan santri. Hasil riset dapat dicoba di ruang hampa atau bekerja sama dengan lembaga antariksa.

Mikro satelit tidak saja digunakan untuk observasi bumi tapi juga sebagai kendaraan antariksa (spacecraft) yang dapat mengarungi sistem tata surya.

4. Merchandise dan studi aplikasi antariksa

Santri juga dapat bergelut dalam bagaimana mencari pendanaan (funding) dalam membiayai kegiatan ekstra kurikuler ini. Bisa dengan memahami cara menggunaka aplikasi kitabisa dll untuk mencari dana.

Bisa juga dengan memproduksi pakaian astronot ala santri, pusat hiburan antariksa untuk simulasi di pesantren dan memproduksi beberapa souvenir antariksa dengan logo pesantren masing-masing.

5. Hal lain yang dianggap penting, misalnya dengan membuat seminar, muhadharah yang membahas antariksa dll.

Bisa juga dengan mendirikan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) sebagai startup untuk memproduksi aplikasi bertema antariksa, penyiaran dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment

Pages